Home » APA AJA » Lailatul Qadar

Lailatul Qadar

Kita diperintahkan untuk mencari lailatul qadar. Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ
“Carilah lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari no. 2020 dan Muslim no. 1169)
Terjadinya lailatul qadar di malam-malam ganjil lebih memungkinkan daripada malam-malam genap. Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha pula, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْوِتْرِ مِنَ الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ
“Carilah lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari no. 2017)
Ganjil tersebut bisa dihitung dari awal bulan, maka malam yang dicari adalah malam ke-21, 23, 25, 27, dan 29. Namun bisa jadi pula lailatul qadar dihitung dari malam yang tersisa. Dalam hadits lain disebutkan,
لِتَاسِعَةٍ تَبْقَى لِسَابِعَةٍ تَبْقَى لِخَامِسَةٍ تَبْقَى لِثَالِثَةٍ تَبْقَى
“Bisa jadi lailatul qadar ada pada sembilan hari yang tersisa, bisa jadi ada pada tujuh hari yang tersisa, bisa jadi pula pada lima hari yang tersisa, bisa juga pada tiga hari yang tersisa” (HR. Bukhari). Oleh karena itu, jika bulan Ramadhan ternyata 30 hari, berarti malam ketiga puluh adalah malam yang menggenapi. Jika dihitung dari hari terakhir, malam ke-22 berarti sembilan hari yang tersisa. Malam ke-24 berarti tujuh hari yang tersisa. Inilah yang ditafsirkan oleh Abu Sa’id Al Khudri dalam hadits shahih. Inilah yang dilakukan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tanpa memilah-milah hari ganjil dan genap.

Sumber : Rumaysho.com

Bismillaah..
Sebagian dari kaum muslimin berlomba-lomba mencari malam yang penuh kemuliaan di sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan. Bahkan ditemui beberapa masjid yang full dengan tenda karena semangat i’tikafnya. Namun ada hal yang sedikit menggelitik diri ini. Bukan karena tenda, bukan karena i’tikaf, tapi tergelitik melihat beberapa komentar yang berlomba mencari tanda-tanda malam kemuliaan ini.

“Wah, malam ini sejuk, ini sepertinya malam lailatul qadar.”
“Wah, pagi ini matahari begini dan begitu, sepertinya tadi malam lailatul qadar.”
Dan beberapa komentar lainnya.
Salahkah? Allahua’lam.

Namun, bagi saya yang awam, yang dhoif dan fakir ilmu, Lailatul Qadar adalah rahasia Allah. Meskipun sudah diberikan petunjuk, namun tetap saja itu rahasia Allah. Kenapa rahasia? Agar semua semangat menjalankan 10 malam terakhir tanpa memilah-milah malam genap, ganjil, cuaca dan lain sebagainya.

Apakah yang komentar seperti diatas pasti memilah-milah 10 malam terakhir? Tidak, saya tidak mengatakan seperti itu. Memlilah atau tidak, biarkan menjadi rahasia ibadahnya dengan Allah. Namun, pembaca berasal dari banyak kalangan yang bibit bebet bobotnya berbeda-beda dalam mengartikan sebuah komentar (tulisan). Jika ada yang berkomentar, “pagi ini begini begitu, malam tadi begini begitu dan sepertinya itu adalah malam Lailatul Qadar”, apakah tidak akan menyurutkan semangat ibadah orang lain yang membaca? Andai saja Lailatul Qadar di malam 23 atau 25, lalu bagaimana sisa hari lainnya? Ibadah sekedarnya? Jika Lailatul Qadar di malam ganjil, bagaimana ibadah di malam genap? Ibadah sekedarnya?

Bagi saya yang fakir ilmu, maka saya anggap 10 terakhir adalah sepenuhnya Malam Lailatul Qadar. Kenapa? Agar terus semangat full ibadah hingga akhir Ramadhan. Tak perlu pusing, ini malam Lailatu Qadar atau bukan yah? Tidak perlu sedih, yah malam Lailatul Qadar kan sudah tadi malam, dan sebagainya.

Malam Lailatul Qadar ada di 10 malam terakhir bulan Ramadhan, dan itu rahasia Allah.

Allahua’lam bishawab..

Ummu Kafaa

One Response so far.

  1. Web Hosting says:

    CERITA GANJIL YANG BERLAKU PADA MALAM LAILATULQADAR Terdapat berbagai cerita mengenai tanda-tanda malam Lailatul Qadar iaitu dapat disaksikan kejadian yang ganjil-ganjil seperti air membeku, air berhenti mengalir, pohon kayu tunduk rukuk dan sujud ke bumi dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>